Friday

Supplier Resin Damar ( Getah Damar ) +62852 7212 7888 | Batam - Indonesia

jual getah damar batam, jual resin damar indonesia, jual resin damar batam, supplier getah damar batam, harga getah damar, manfaat getah damar, toko jual getah damar, damar indonesia, damar resin supply indoneia, resin damar supplier indonesia, phone number resin damar supplier
Supplier Resin Damar, Jual Getah Damar, kami CV. BUMI SUMATERA adalah supplier, penjual getah damar ( resin damar) baik dalam jumlah kecil, sedang dan besar. kami melayani pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia dan ke seluruh negera di dunia.

Hubungi kami segera,
CV. Bumi Sumatera
Hotline : +62852 7212 7888 (+WhatsApp)
e-mail : cv.bumisumatera@gmail.com
Geta Damar ( Resin Dammar ) terbagi dalam 3 kelompok, yaitu : Damar Batu, Damar Kopal, Damar Mata Kucing.

Getah damar seperti namanya dihasikan dari getah pohon damar. Pohon damar biasanya dibudidayakan dalam
perkebunan yang biasanya ditemukan di dataran tinggi Indonesia. Harga getah damar pun bervariasi tergantung dari varian getah damarnya.

Pohon damar adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getahnya.

Pohon damar (Agathis dammara) berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 65 meter. Batangnya silindris dan lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter. Kulit batang berwarna abu-abu muda hingga cokelat kemerahan. Kulit mengelupas dalam keping-keping yang tidak beraturan dan biasanya bopeng karena resin

Damar adalah resin yang diperoleh dari beberapa jenis pohon dari marga Dipterocarpaceae. Resin tersebut dipanen dengan menyadap batang pohon yang masih hidup. 

Secara umum getah damar dimanfaatkan untuk campuran aneka vernis atau pelindung kayu, campuran cat, tinta bahkan kosmetik. 

Resin damar dikelompokkan menjadi resin cair dan resin padat. Resin cair mengandung resin dan minyak esensial (oleoresin) berwujud cair dan memiliki aroma yang khas. Resin padat adalah resin berbentuk padat karena sebagian kecil minyak esensialnya telah menguap. Resin padat mudah pecah atau patah. Resin damar mengandung asam gurjunik (C22H34O4) dan sejumlah naptha yang mudah menguap dan mengkristal. Sifat fisik yang unik dari minyak damar pada suhu 30°C berubah menjadi gelatin.

Contohnya getah damar mata kucing banyak digunakan untuk bahan emulsi (campuran) pewarna, cat, tinta, aromatik untuk makanan, bahkan juga untuk kosmetik. Sedangkan getah damar batu selama ini dikenal untuk pembuatan kapal boat setelah dicampur kerosin.

Dalam perkembangan industri modern, damar batu ini juga dipakai untuk bahan cat, vernis atau politur. Larutan damar dalam kloroform dapat dipakai untuk mengawetkan binatang dan tumbuh-tumbuhan untuk pemeriksaan mikroskop. Dalam tradisi masyarakat, resin damar dijadikan bahan bakar lampu, penambal perahu dan kerajinan tangan. Resin ini digunakan sebagai campuran resin aromatik, berupa styrax benzoin yang dimanfaatkan sebagai bahan baku kemenyan dan desinfektan fumigan.

Resin damar dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk diare dan disentri, salep untuk penyakit kulit dan penyembuhan gangguan pendengaran, kerusakan gigi, sakit mata, bisul dan luka. Secara teknis, dapat digunakan sebagai bahan cat, celupan batik, lilin, tinta cetak, linoleum dan kosmetik. Triterpenes yang diisolasi dari damar telah digunakan sebagai media antivirus pada budidaya in vitro untuk penyakit Herpes simplex virus tipe I dan II.


No comments:

Post a Comment